Penghuni LP diberi Pelatihan dan pengetahuan tentang Adat


BATUSANGKAR,Rumah Tahanan Kelas 2 B Batusangkar mengadakan pelatihan adat dan budaya bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dalam rangka membangun WBP yang mempunyai nilai moral yang tinggi.  Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian rutan terhadap pembinaan moralitas WBP.

Demikian disampaikan oleh Asman Tanjung , SH, Kamis (14/1).

Asman menyatakan telah membuat beberapa rencana aksi untuk WBP agar mereka tidak  bertindak yang aneh-aneh dalam masyarakat nantinya. Salah satunya dengan mengadakan pelatihan adat dan budaya.

"Salah satunya adalah dengan melakukan pelatihan adat dan budaya. Tahanan tak membuat mereka lupa akan nilai-nilai luhur adat dan budaya yang harus dijunjung tinggi dalam kehidupan,"ucapnya.

Rencana aksi yang akan dilakukan oleh Rutan Batusangkar adalah melatih WBP mampu membaca Alqur'an serta mampu beribadah sesuai dengan tuntutan syariat yang benar.

Kegiatan ini termaktub dalam rencana aksi peningkatan pembinaan keagamaan anak didik pemasyarakatan.  Rencana aksi lainnya adalah peningkatan kualitas kesehatan anak didik pemasyarakatan serta penanggulangan HIV/ AIDS.

"Tujuannya adalah meningkatkan derajat kesehatan tahanan dan WBP meningkat serta menurunnya tingkat penularan penyakit,"tambah Asman.

Rencana aksi ketiga adalah peningkatan pencegahan penyalahgunaan narkoba dalam rutan melalui pengawasan yang terkendali. Dalam hal itu tentunya akan meningkatkan motivasi petugas dalam menjalankan tugas serta terbebasnya rutan dari penyalahgunaan narkotika oleh WBP.

"Untuk suksesnya rencana aksi ini, kami akan meningkatkan pengawasan terhadap tamu dan barang masuk ke rutan, terutama tamu eks narapidana narkoba,"katanya.

Kegiatan lainnya adalah  peningkatan keterampilan kerja bagi WBP melaui pelatihan pembuatan mobuller/perabot pertukangan. Sehingga WBP  mempunyai modal keterampilan untuk kembali ke masyarakat.

"Kami juga mengarahkan WBP untuk melakukan  pemeliharaan ikan lele dan melakukan razia ke setiap kamar penghuni  agar rutan bebas dari peredaran alat komunikasi untuk mewaspadai hal- hal yang tidak diinginkan,"tutup Asman

Komentar

Postingan Populer