Debit Air Batang Sinama naik,Jorong Kubang Rasau dilanda Banjir

50 KOTA---Belum sampai dua bulan setelah dilanda banjir hebat. Masyarakat Jorong Kubang Rasau, Nagari Balai Panjang, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten Limapuluh Kota, kembali dipaksa mengungsi. Menyusul dengan naiknya air Batang (sungai) Sinama ke pemukiman mereka, pada Kamis (28/1) sekitar jam 14.30 Wib.

"Malam tadi, ujan lobek bona. Aia batang Sinama nayiak. Umah kami tagonang. Sonjo iko, kami taposo pindah (Tadi malam ujan deras turun. Air batang Sinama naik. Rumah kami tergenang. Sore ini kami terpaksa pindah)"tutur Arius, 56, seorang warga Kubang Rasau yang siap-siap mengungsi ke Surau Al-Kautsar, kawasan Tanjung, Nagari Bukik Sikumpa.

Bersama Arius, sesore itu juga siap-siap untuk mengungsi puluhan kepala keluarga lainnya. Mereka mengungsi dengan dikordinir Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Limapuluh Kota Firmansyah, dan Kepala Jorong Kubang Rasau Muhammad Nur.

"Warga terpaksa kita ungsikan, melihat kondisi Batang Sinama yang terus naik. Kita khawatir terjadi apa-apa, terhadap warga,"kata Firmansyah beberapa waktu lalu.

Banjir yang melanda Kubang Rasau kemarin siang, tidak separah banjir 12 Desember 2009 lampau. Ketinggian air sore ini, baru berkisar antara 50-80 centimeter. Sedangkan saat banjir lampau, mencapai 2-3 meter.

Meskipun demikian, warga tetap cemas dan trauma. Mereka juga nampak "terpukul" sekali. Sebab, sisa banjir terdahulu baru dibersihkan, sekarang Batang Sinama kembali  menggenangi rumah mereka.

"Lun lamo sawah jo tobek awak pelok dek dilando ayia. Kini lah banjir pulo baliak (Belum lama, sawah dan kolam ikan kami perbaiki, karena dilanda air. Sekarang, sudah banjir lagi). Astaghfirullah Al-Adzim,"ungkap Inar, seorang perempuan di Kubang Rasau.


Butuh Sembako
Menurut Firmansyah, warga Kubang Rasau yang mengungsi, sekarang membutuhkan sembilan bahan pokok. Sebab stock pangan mereka banyak yang terendam air. Untuk itu, pihaknya sudah berkordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Limapuluh Kota, agar dapat mengirimkan bantuan.

Kepala Dinas Sosial Limapuluh Kota Azwardi, ketika dihubungi secara terpisah, akan segera turun ke lokasi mengantar bantuan.

"Kita baru tahu, yang jelas, kita akan ke sana,"katanya singkat.

Sementara warga Jorong Kubang Rasau mengungsi. Masyarakat di Jorong Lurah Bukik, Nagari Balai Panjang, Jorong Subarang, Nagari Taram, dan warga Jorong Tarantang, Nagari Harau, yang biasanya juga 'langganan' banjir. Sampai tadi malam, dilaporkan masih dalam kondisi aman.

"Biasanya, daerah-daerah tersebut, memang ikut banjir. Namun sampai sekarang, dilaporkan masih aman. Mudah-mudahan, hujan tidak turun lagi. Sehingga, air batang Sinama tidak naik,"kata Firmansyah, tadi malam.

Komentar

Postingan Populer