Payakumbuh dapat penghargaan Piala Citra Bakti Abdi Negara


Hadiah bagi seluruh masyarakat Payakumbuh. Hari pertama bekerja di Tahun 2010, berita menggembirakan diterima Walikota, H. Josrizal Zain dan Wawako H. Syamsul Bahri dari Menpan EE. Mangindaan, sebagai kado tahun baru 2010.

Kota berpenduduk sekitar 120 ribu jiwa ini, memperoleh penghargaan Piala  Citra Bakti Abdi Negara (CBAN) dari Presiden melalui Menpan dan Reformasi Birokrasi.

Kota dan kabupaten di Indonesia, tiap tahun diberikan penghargaan CBAN oleh pemerintah pusat atas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

“Alhamdulillah, Payakumbuh sudah berbuat banyak dalam memberikan pelayanan terbaik buat warga kota,”ucap Walikota H. Josrizal Zain dan Wawako H. Syamsul Bahri, Senin (4/1).

Ketua DPRD Payakumbuh Wilman Singkuan, S.Sos, dalam acara rapat paripurna DPRD menutup masa sidang/reses III/2009 dan membuka masa sidang/reses I/2010, menyampaikan apresiasi buat jajaran Pemko Payokumbuah.

"Prestasi yang patut dibanggakan dan ditingkatkan terus di masa datang,”katanya.

Wilman berharap anugerah CBAN benar-benar mendorong seluruh staf pemko untuk memberikan pelayanan kepada publik. Sehingga, warga merasa puas setiap berurusan dengan seluruh jajaran SKPD pemko, dalam rangka menciptakan good govermance dan clean govermance.

Menurut Walikota H. Josrizal Zain, penggunaan standar pelayanan Payakumbuh ke depan  diterapkan dalam rangka mempermudah investasi.

"Pelayanan publik yang diinginkan bukan lagi pelayanan yang asal-asalan, yang hanya sekadar menggugurkan kewajiban pemerintah kepada warga negaranya, tertapi pelayanan yang benar-benar memuaskan masyarakat, yakni pelayanan prima, service excellent,”ujar walikota.

Walikota menyatakan bahwa kita memasuki era public service friendly, menyusul disahkannya Undang-Undang No. 25/2009 tentang Pelayanan Publik. Selain menjadi rujukan kebijakan nasional dalam penyelenggaraan pelayanan publik, undang-undang itu sekaligus mengarahkan pola pikir penyelenggara pelayanan publik.

Dikatakan, pelayanan publik harus maju menjadi soko guru peningkatan  kepercayaan masyarakat (public trust) terhadap pemerintah, serta  peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pertumbuhan ekonomi, perluasan kesempatan kerja, dan pengentasan kemiskinan, dengan cara memberikan kemudahan pelayanan investasi.

Sekdako Payokumbuah H. Irwandi, SH, didampingi Kabag Organisasi Setdako Drs. Hendri menyatakan tidak mudah bagi daerah untuk merebut Piala CBAN. Karena melalui penilaian berjenjang, mulai dari tingkat provinsi sampai ke tingkat pusat. Penilaian CBAN, benar-benar objektif, sesuai dengan kriteria yang ditetapkan Menpan.

Hendri menambahkan, penghargaan ini direncanakan  diterima langsung Walikota, H. Josrizal Zain dari Presiden SBY di Jakarta, Januari ini.

Di Sumatera Barat, sesuai dengan Keputusan Menpan No. 365 Tahun 2009, tertanggal 9/12, hanya Kota Payakumbuh dan Kota Solok yang memperoleh Piala CBAN. Sementara Kota Padang dan Kabupaten Padangpariaman hanya mendapatkan Piagam CBAN.

Ditambahkan Hendri, di Indonesia tercatat 42 kota/kabupaten yang mendapat Piala CBAN. Sedangkan, piagam CBAN milik 32 kota/kabupaten di sejumlah provinsi

Komentar

Postingan Populer