3 Guru Besar Unand dikukuhkan

PADANG---Universitas Andalas (Unand) kembali mengukuhkan tiga guru besarnya. Pengukuhan guru besar tersebut dilakukan oleh Rektor Unand, Prof.Dr.Musliar Kasim, MS, dalam rapat senat luar biasa yang berlangsung di Auditorium Unand, Kamis (28/1).

Tiga guru besar yang berasal dari Fakultas Pertanian tersebut masing-masing Prof.Dr.Ir.Eti Farda Husin, MS (guru besar tetap dalam bidang Ilmu Biologi Tanah), Prof.Dr.sc.agr.Ir.Trimurti Habazar (guru besar tetap dalam bidang Ilmu Bakteri Patogenik Tumbuhan), dan Prof.Dr.Ir.Amrizal Saidi, Ms (guru besar tetap dalam bidang Ilmu Fisika Tanah).

Pengukuhan tersebut menambah jumlah guru besar Unand menjadi 121 orang.

Rektor Unand, Prof.Dr.Musliar Kasim, MS dalam pidatonya menyatakan dikukuhkannya tiga guru besar Unand tersebut merupakan bukti bahwa Unand masih tetap serius dan bekerja keras untuk terus mengembangkan dunia pendidikan di Indonesia.

"Ini adalah bukti Unand masih bekerja serius dengan dedikasi tinggi,"kata Musliar Kasim.

Lebih lanjut dikatakan Musliar, konsekuensinya tertumpang kepada tiga guru besar tersebut untuk bisa mengembangkan pertanian di Sumbar dan Indonesia. Sehingga bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas pertanian, khususnya di Sumbar.

"Diharapkan agar guru besar tersebut bisa membangun masyarakat petani di Sumbar. Apa yang disampaikan dalam pidato guru besar tersebut relevan dalam meningkatkan pertanian,"terangnya.

Musliar juga menyinggung dampak global warming yang tidak bisa dilepaskan dari aktivitas manusia, termasuk dalam bidang pertanian. Beliau mengapresiasi tiga guru besar tersebut sebagai orang yang mencoba mencari alternatif agar global warming tidak semakin meluas di Indonesia.

"Salah satu upaya mengurangi kerusakan lingkungan tergantung dari jenis tanaman dan teknik pemilihan lahan. Sehingga dengan penelitian yang dilakukan tiga guru besar yang telah diuji oleh para dosen dan mahasiswa tersebut bisa disosialisasikan kepada petani, agar cara bertani yang dilakukan benar,"kata Musliar

Komentar

Postingan Populer