Universitas Jepang bantu Unand


Jepang,Keluarga besar Gifu university Jepang melakukan pengumpulan dana yang diinisiasi oleh Prof. Takeuchi dan Prof. Takahashi memberikan sumbangan kepada Universitas Andalas untuk membantu kerusakan pasca gempa dua bulan lalu.

Keinginan kuat dari keluarga besar Gifu University Jepang untuk berbagi duka dengan Universitas Andalas karena adanyanya kerjasama yang erat antara Gifu University dan Universitas Andalas padang.

Kerjasama dimaksud dirintis oleh Prof. Edison Edison Munaf, yang pada waktu itu menjabat sebagai Dekan FMIPA Unand dan ditandatangani pada bulan April 2001 oleh Prof. Marlis Rahman sebagai Rektor Universitas Andalas. Selain itu mereka juga tergerak melihat kerusakan laboratorium yang ada di Unand.

Dari kegiatan pengumpulan dana tersebut terkumpul dana sebesar Y586.000 (Lima Ratus Delapan Puluh Enam Ribu Yen). Dana tersebut diserahkan oleh Presiden Gifu University Prof. Hideki Mori kepada Prof. Edison Munaf (Atase Pendidikan KBRI Jepang dan Guru Besar Universitas Andalas) pada tanggal 26 November 2009 lalu bertepatan dengan pembukaan 1st International Symposium on river Basin, dimana Edison Munaf diundang sebagai salah seorang keynote speaker nya.

"Hingga saat ini tercatat 15 orang alumni Univsitas Andalas telah dan sedang mengikuti pendidikan Doktor di Gifu University Jepang, "ungkap Edison Munaf.

Presiden Gifu University berharap bantuan yang diberikan meskipun kecil dan belum dapat mengatasi semua kerusakan di Unand, namun setidaknya semangat kebersamaan dan kerjasama yang telah terjalin dapat lebih ditingkatkan dimasa yang akan datang.

Menurut Edison Munaf, sejauh ini bantuan dari Perguruan tinggi di Jepang untuk mengatasi kerusakan gempa langsung ke Universitas Andalas baru yang pertama kali diberikan oleh Gifu University.[Padang Today]

Komentar

Postingan Populer