Jalan Lubuk Basung-Bukittinggi Longsor,1 orang Tewas


AGAM,Upaya pembersihan ruas jalan yang putus akibat longsor di Lubuak Sao, nagari Tanjuang Sani, kecamatan Tanjung Raya Jumat (18/12) malam, hingga Sabtu (19/12) pagi masih sulit dilakukan.

Akan tetapi berkat usaha keras petugas, ruas jalan Lubukbasung-Bukittinggi yang putus sepanjang 300 meter dengan ketinggian 2,5 meter pada pukul 10.00 WIB Sabtu (18/12) telah bisa dilalui.

Upaya pembersihan dengan menggunakan alat berat telah dilakukan sejak pukul 02.00 WIB Jumat dini hari.

Sementara Anis (65 ) , warga Lubuak Sao, Tanjung Raya - korban yang tertimbun longsor dan sempat dilarikan ke IGD RSUD Lubukbasung Jumat malam, akhirnya pukul 11.15 WIB Sabtu (18/12) meninggal dunia.

Jumat malam, Anis menjadi korban tumpahan tanah longsor dan sempat tertimbun dalam  rumahnya sampai bagian kepala. Hanya satu tangan Anis yang muncul diantara tumpahan lumpur dan batu-batu .

Diduga Anis sempat terbenam beberapa lama, karena sebelumnya warga yang berhamburan keluar rumah akibat gemuruh galodo yang melanda kawasan itu tidak menyadari Anis terbenam lumpur dalam rumahnya yang kini hancur .

Meninggalnya Anis mengundang keprihatinan dan duka mendalam bagi kalangan Pemkab Agam, bahkan bupati Agam Aristo Munandar sangat berduka akan musibah itu, apalagi dampak musibah longsor yang terjadi Jumat kemarin menimbulkan korban jiwa.

Aristo Munandar pada Sabtu mengutus camat Tanjung Raya, Kurniawan Syahputra untuk menyampaikan belasungkawa atas meniggalnya Anis pada keluarga korban.

Anis Sabtu sore dikebumikan keluarganya di pandam pakuburan keluarga di Lubuak Sao, Tanjung Raya dihadiri unsur muspika Tanjung Raya dan para pejabat pemkab Agam .

Bupati Agam itu menegaskan, pihaknya sudah menginstruksikan unsur terkait di Pemkab Agam untuk mengambil langkah-langkah strategis untuk membantu keluarga korban dan tindakan darurat lain.

Disamping menelan korban jiwa, longsor Jumat (18/12) malam juga mengakibatkan setidaknya 5 rumah rusak berat, serta menimbun 6 unit sepeda motor milik mahasiswa yang berteduh dilokasi bencana, tapi malang justru hujan yang dihindari, longsor yang datang menghampiri.

Komentar

Postingan Populer