Nagari Kubang "BATAGAK PANGHULU"

50 KOTA---Bagi ninik mamak atau penghulu dalam menjalankan tugas perlu memahami baban salapan, yang dikatakan baban salapan itu, ureknyo limbago mafan, tampek baselo mancari bana. Artinya setiap ninik mamak harus memiliki dan memahami prinsip kebenaran.

"Setiap pribadi ninik mamak itu harus kuat dan tegar, karena akan dijadikan sandaran yang kokoh oleh kaum anak kemanakan, dahannyo cupak jo gantang, bakeh bagantuang dek anak cucu, pribadi seorang ninik mamak menjadi dambaan kaum atau kemenakan, ka pai tampek batanyo, pulang tampek babarito, "ujar Bupati Limapuluh Kota Drs. H.Amri Darwis, SA.MM ketika memberikan sambutan alek penghulu nagari Kubang kecamatan Guguk, beberapa waktu lalu.

Untuk itu, ninik mamak harus bisa membuat perencanaan untuk meningkatkan kemajuan dengan konsep, kain dipakai usang, adat dipakai baru, sesuai dengan perobahan dan kondisi zaman dan buahnyo labek dek bana, dimakan nasi jo pareso, maksudnya segala daya dan upaya jika berhasil dengan baik, akan dapat dinikmati oleh orang-orang yang berbuat, ujar Bupati.

Sebanyak 22 orang anak nagari Kubang Kecamatan Guguk, hasil kesepakatan masing-masing kaum dari berbagai pasukuan dilewakan sebagai penghulu, ke 22 orang itu, masing-masingnya, Drs.Rifmen diangkat dalam gelar adat Dt.Bandaro Nan Putiah dari pasukuan Tanjung, Idrus dengan gelar Dt.Putiah Nan Panjang suku Payobada, H.M.Yasni, bergelar Dt.Kayo Mudo dari suku Guci, Anwir gelar dalam adat Dt.Manggung Rajo suku Jambak Mudiak, Ir.Beni Muchtar bergelar Dt.Putiah Nan Koruik dari suku Payobadar.

Ir.Jafri Jamaluddin bergelar Dt.Manggung Mangun dari suku Jambak Loweh, Sudirman bergelar Dt. Siri Rajo Dirajo dari suku Can Bukik Panjang, H.Edmon Dantes bergelar Dt. Majo Indo dari suku Can Perigi, Drs.Yasri Dahlan bergelar Dt. Munsoik dari suku Sipisang, H.Erinaldi bergelar Dt. Majo Bosa Nan Kuniang dari suku Kutianyir, Masmareldi gelar dalam adat Dt.Patiah Nan Kayo dari Suku Caniago, Slamat gelar dalam adat Dt. Gomuak Nan Kuniang dari suku Piliang.

Jalinus gelar dalam  adat Dt,Bagindo Nan Panjang dari suku Piliang, Ir.Munzir Busnia gelar Dt.Patiah di guruah dari suku Payobadar, H.Azmir gelar Dt. Rajo Pangulu Nan kociak dari suku Sikumbang, Hendra gelar Dt. Patiah Baringek suku Baliak Pariak, Ikrar Saputra gelar Dt. Kudun Sati suku Can. Pandam, Zuhri gelar Dt.Asa suku Caniago, Nasrijal. S.Pd.I gelar Dt. Majo Bosa Nan Sati suku Kutianyir, Usman Adri gelar Dt.Godang suku caniago, Ir.Abizar gelar Dt.Panjang elak Nan Sati suku Caniago Ambacang dan Hendri gelar Dt. Mantiko Rajo suku Piliang.

Usai dilewakan kedua puluh dua penghulu oleh Ketua Kerapatan Adat Nagari Kubang HB.Marajo Nan Kayo, untuk penyisipan keris oleh Gubernur diwakili Asissten II Syafrial, acara batagak pangulu tersebut, dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat diwakili Asisten II Syafrial, Ketua DPRD Limapuluh Kota Darman Sahladi, Kapolres Limapuluh Kota AKBP Chairul Azis, tokoh masyarakat Kubang , perantau dan para ninik mamak, alim ulama, cerdik pandai, bundo kanduang dan para generasi muda dan umumnya masyarakat nagari Kubang. Alek batagak pangulu juga hibur dengan bunyian Talempong dan kesenian tradisional berupa randai dari Tanah Datar.

Komentar

Postingan Populer