TNI dan POLRI bersihkan sisa Galodo

50 KOTA---Sebanyak 300 tentara yang bertugas di Kodim 0306 Limapuluh Kota, Batalyon Infantri 131 Brajasakti, dan Zeni Tempur Padang Mengatas dibawah komando Kasdim 0306 Mayor Inf Isnaini, turun tangan membersihkan sisa-sisa galodo yang meluluh-lantakkan Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten Limapuluh Kota, Rabu (24/3).

Sehari sebelumnya, para prajurit yang setia menjaga NKRI tersebut, juga turun membersihkan lumpur dan memperbaiki jembatan yang rusak akibat galodo di Aia Kelurahan Aia Tabik, Payakumbuh Timur, dan Kelurahan Aua Kuniang, Kecamatan Payakumbuh Selatan.

Mayor Inf Isnaini menyebutkan, 300 anggota TNI dikerahkan untuk membersihkan 3 lokasi galodo Gunung Sago. Masing-masing di simpang Pakan Raba'a, tempat dimana ribuan orang selalu memadatinya. Kemudian di Jorong Lareh Nan Panjang, Nagari Labuah Gunuang.

"Disamping itu, anggota kita juga bergotong-royong membersihkan kelas dan halaman SMP 1 Lareh Sago Halaban yang rusak berat akibat semburan material galodo Gunung Sago," ujar Mayor Inf Isnaini saat berada di Posko Penanggalungan Bencana dan Pengungsi yang berdiri di depan Kantor Camat Lareh Sago Halaban.

Selain bergotong royong dengan masyarakat, TNI yang senantiasa berada di tengah rakyat, juga mendirikan tenda dan dapur umum di Pakan Raba'a. Kemudian, membangun jembatan-jembatan darurat, sebagai pengganti sebagian dari 16 jembatan di Kabupaten Limapuluh Kota yang rubuh akibat galodo.

Polisipun Turun Tangan

Jika TNI mengerahkan 300 personelnya, para polisi yang pelindung dan pengayom masyarakat, juga turun tangan ke lokasi galodo. Bahkan saat kejadian, polisi siang-malam mengamankan lokasi dan mengatur lalu-lintas.

Menariknya, para personel polisi yang turun ke lokasi galodo, tidak hanya dari Polresta Payakumbuh yang wilayah hukumnya termasuk Lareh Sago Halaban. Petugas Polres Limapuluh Kota juga ikut turun tangan.

"Kita sengaja turun untuk memback-up Polresta Payakumbuh. Kebetulan, kita juga sudah memiliki tim penanggulan bencana," ujar Kapolres Limapuluh Kota AKBP Chairul Aziz, secara terpisah

Komentar

Postingan Populer