Lembah Anai longsor,Jalan Lintas Padang-Bukittinggi Putus

PADANG---Longsor hebat melanda kawasan Lembah Anai dan sekitarnya sejak pukul 16.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB tadi, Selasa (30/3/2010). Menyebabkan jalur Padang-Bukittinggi terputus total.

Koordinator Pusat Pengendalian Operasional Penanggulangan Bencana Pemprov Sumatera Barat, Ade Edward yang sedang berada di lokasi mengatakan, longsor terjadi di sejumlah titik mulai dari jalan di bawah Bukit Berbunga Silaiang atau Cubadak Bungkuak, Padangpanjang hingga jembatan sebelum Air Mancur dari Padang.

"Saya masih terkurung di lokasi longsor Cubadak Bungkuak, ada empat rumah rusak berat tertimbun longsor di sini, tapi sekitar 20 orang penghuninya selamat," katanya lewat telepon, Selasa (30/3/2010).

Keempat rumah dihantam longsor sekitar pukul 16.00 WIB. Namun tidak terlalu merusak sehingga para penghuninya lari keluar rumah. Longsor kedua membuat batu-batu besar didorong ke dalam rumah sekitar pukul 17.00 WIB mengakibatkan keempat rumah rusak berat.

Longsor juga menyebabkan jalan tertimbun material. Untuk antisipasi antrean kendaraan, jalan menuju Lembah Anai dari arah Bukittinggi dan Singkarak sudah ditutup.

"Hujan lebat mengguyur sejak siang tadi, sebentar berhenti lalu lebat lagi," kata Ade.

Ade belum bisa memastikan lokasi-lokasi lain. Namun beberapa warga yang datang dari bawah mengabarkan sejumlah longsor juga terjadi arah ke Air Terjun. Bahkan dikabarkan jembatan permanen di belokan sebelum Air Terjun dari Padang, batas Tanahdatar dengan Padangpariaman rusak berat, sehingga tidak bisa dilewati.

"Kami belum mengetahui apakah ada korban jiwa atau tidak, tapi dikabarkan beberapa mobil ikut tertimbun dan jalur Padang-Bukittinggi kemungkinan tidak bisa pulih sampai besok," katanya.

Ade memastikan skala longsor kali ini di Lembah Anai cukup besar dan susulan longsor dikhawatirkan masih bisa terjadi.

Komentar

Postingan Populer