Menteri Koperasi Letakan Batu pertama Pabrik Tatakan Telur di mungka

50 KOTA---Prosesi puncak kunjungan Menteri Koperasi dan UKM RI Syarief Hasan MM MBA di Limapuluh Kota, ditandai dengan mandeknya selubung UKM Center yang dibukanya. Sebenarnya tidak ada yang menarik dari mandeknya selubung itu. Tapi banyak pihak berharap, mandeknya pembukaan selubung kain  berwarna biru itu  tidak menjadi tanda, kalau UKM Center itu nantinya juga akan mandek.

Setidaknya hal itu diharapkan Syarief Hasan dalam percakapan ringannya usai peresmian UKM Center dilokasi bekas Kantor Bupati Limapuluh Kota, Sabtu lalu.

Menurut mantan Ketua Fraksi Demokrat DPR RI itu melihat beberapa pajangan yang ditampilkan. Cukup lama, Menteri terpaku melihat kerajinan tenun Kubang.

“Ini menarik. Sudah sampai mana pasarannya. Ini dijual berapa?” pertanyaan Menteri gencar saat berkeliling stand-stand kerajinan milik koperasi di Limapuluh Kota.

Syarief Hasan setelah itu langsung menuju ke Kecamatan Mungka. Di sini telah menunggu masyarakat dan 1.167 anggota Koperasi Peternak Unggas Saiyo Luak Limopuluah tergabung dari 47 kelompok tani, yang diresmikan batu pertamanya di lahan seluas 1.632 meter.

Di sini Syarief Hasan baru bisa sedikit berlega hati sebab masyarakat Mungka menyambut kedatangan Menteri dengan sukacita dan sepenuh hati. Sigap, Syarief Hasan kemudian memberikan secara simbolis kartu keanggotaan koperasi dan kartu kepesertaan Jamsostek kepada perwakilan anggota koperasi.

Syarief Hasan pun lalu memasang batu pertama lengkap dengan semen coran di bagian depan pentas yang telah disediakan panitia. Sekitar enam bulan lagi, dapat disaksikan pabrik tatakan telur itu beroperasi di Mungka.
Ketua penyambutan, Datuak Marajo mengatakan bahwa prosesi meski singkat, sederhana namun meninggalkan semangat dan berkah bagi seluruh anggota koperasi.

“Ini murni inisiatif masyarakat untuk mengadakan pabrik tatakan telur. Atas bantuan Kementrian Koperasi, dibantu PT Jamsostek maka terwujudlah keinginan untuk memajukan ekonomi masyarakat ini,” ujar Datuak Marajo.

Tak heran, Walinagari Mungka S Datuak Patiah pun mengaku hal yang sama. Mungka selaku sentra industri ayam petelur, kini makin tergairahkan dengan adanya pabrik eggtray ini.

Hari itu memang panas. Langit cerah. Menteri pun tak sempat lagi berpidato. Ia keburu kembali ke Padang. Kabarnya, mau menengok Ibu Mentri Dalam Negeri yang masih sakit di Padang.

Masyarakat Limapuluh Kota pun melepas kepergian Menteri yang beristrikan anggota DPR RI Anggrid Kansil itu dengan lega hati. Menteri yang naik kendaraan Innova seri G, dengan tenang diiringi Pajero Bupati yang gagah itu

Komentar

Postingan Populer