Rp 8,6 Triliun untuk Rehabilitasi Sumbar


JAKARTA - Pemerintah akan mempercepat proses rehabilitasi dan rekonstruksi infrastruktur korban bencana gempa di Sumatera Barat pada awal November. Dana yang disiapkan mencapai Rp8,6 triliun.

Demikian dikatakan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono seusai rapat koordinasi tingkat menteri di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (27/10/2009).

"Rekonstruksi ini akan diambil dari APBN dan APBD. Tidak hanya itu, ada juga sumbangan dari masyarakat, baik nasional maupun internasional. Dana yang akan dihabiskan untuk rehabilitasi Rp8,6 triliun," ungkapnya.






Dia menambahkan, masa tanggap darurat diharapkan dipercepat, yang mestinya dilakukan akhir November menjadi akhir Oktober.

Dari sepuluh kabupaten/kota yang mengalami kerusakan, lanjutnya, hanya delapan kabupaten yang dinilai siap untuk dilakukan rekonstruksi dan rehabilitasi terhadap infrastruktur yang hancur akibat gempa.

"Saya dan sejumlah menteri telah berkunjung langsung ke sana untuk melihat bencana. Ada sepuluh kabupaten yang terkena musibah, kecuali dua kabupaten," tandasnya.

Sumber:okezone.com



Komentar

Postingan Populer